Puasa Sunnah dan hari yang dilarang puasa
Rasulullah ﷺ telah menganjurkan untuk berpuasa pada 
hari-hari berikut ini:
1. Puasa 
Syawal
2 & 3. Puasa Arafah dan 
Asyuro
4. Puasa di Bulan Muharram
5. Puasa di Bulan Sya'ban
6. Puasa Senin Kamis
7. Puasa 3 Hari Tiap Bulan
8. Puasa 
Dawud
9. Puasa di 9 Hari Awal 
Dzulhijjah
1. 
Enam Hari di Bulan Syawwal 1
Abu 
Ayyub al-Anshari رضي الله عنه berkata: bahwasanya Rasulullah  ﷺ bersabda:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ 
كَصِيَامِ الدَّهْرِ
“Barangsiapa 
berpuasa Ramadhan, kemudian dikuti dengan berpuasa enam hari di bulan Syawwal, 
maka ia seperti berpuasa setahun."2
1.     Silahkan baca Puasa Sunnah Syawwal dan Amalan di Bulan Syawal untuk bahasan yang lebih 
luas.
2.     Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2125)], Shahiih Muslim (II/822, 
no. 11640), Sunan at-Tirmidzi (II/129, no. 756), Sunan Abi Dawud (VII/86, no. 
2416), Sunan Ibni Majah (I/547, no. 1716)
2 dan 3. 
Hari ‘Arafah 
1 bagi mereka yang tidak 
menunaikan ibadah haji dan hari 
'Asyura (hari kesepuluh dari bulan Muharram) serta sehari sebelumnya (hari kesembilan).2
Diriwayatkan 
dari Abu Qatadah رضي الله عنه, ia berkata,
سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ، فَقَالَ: يُكَفِّرُ 
السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ. وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ، 
فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَضِيَةَ
“Rasulullah 
صلى الله عليه وسلم pernah ditanya tentang puasa hari ‘Arafah, 
beliau menjawab, ‘Ia menghapus dosa-dosa setahun yang lalu dan yang akan 
datang.’ Beliau juga ditanya tentang puasa hari 'Asyura, beliau menjawab, ‘Ia 
menghapus dosa-dosa tahun lalu.”3
Dari 
Ummu al-Fadhl bintu al-Harits رضي الله عنهما bahwasanya ada beberapa orang yang ada di 
dekatnya pada saat di ‘Arafah sedang berselisih tentang puasa Rasulullah 
صلى الله عليه وسلم di hari ‘Arafah. Ada sebagian mereka 
berpendapat bahwa beliau berpuasa dan sebagian yang lain mengatakan beliau tidak 
berpuasa, kemudian Rasulullah صلى الله عليه وسلم dibawakan segelas susu, saat itu beliau 
berada di atas untanya di ‘Arafah, lalu beliau meminumnya.4
Diriwayatkan 
juga dari Abu Ghathfan bin Tharif al-Muri, ia berkata, “Aku mendengar Ibnu 
‘Abbas رضي الله عنهما berkata, ‘Ketika Rasulullah صلى الله عليه وسلم berpuasa ‘Asyura dan beliau menganjurkan 
para Sahabat untuk berpuasa, mereka berkata, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya ini 
adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.’ Kemudian 
beliau bersabda, ‘Kalau begitu, pada tahun yang akan datang kita akan berpuasa 
pada hari yang kesembilan (tasu’a) insya Allah.’ Ibnu ‘Abbas berkata, ‘Akan 
tetapi belum sampai tahun depan, Rasulullah صلى الله عليه وسلم telah meninggal dunia.’” 5
2.     Tentang Asyuro dan Bulan Muharram silahkan baca :
3.     
Shahih: 
[Irwaa-ul Ghaliil (no. 955)], Shahiih Muslim (II/818, no. 
1162).
4.     Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/236, no. 
1988), Shahiih Muslim (II/791, no. 1123), Sunan Abu Dawud (VII/106, no. 
2424).
5.     Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2136)], Shahiih Muslim (II/797, 
no. 1134), Sunan Abu Dawud (VII/110, no. 2428
4.  Puasa 
Pada Sebagian Besar Hari di 
Bulan Muharram 
1
Dari 
Abu Hurairah رضي الله عنه, ia berkata, “Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ 
وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الفَرِيْضَةِ صَلاَةُ اللَيْلِ.
“Sebaik-baik 
puasa setelah puasa bulan Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, bulan Muharram 
dan sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” 
2
1.     Tentang Asyuro dan Bulan Muharram silahkan baca :
2.     Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2122)], Shahiih Muslim (II/821, 
no. 1163), Sunan Abi Dawud (VII/82, no. 2412), Sunan an-Nasa-i (III/206), Sunan 
at-Tirmidzi (I/274/436).
5.  Puasa 
Pada Sebagian Besar Hari di 
Bulan Sya’ban 
1
فَمَا رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ 
اِسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلا رَمَضَانَ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا 
مِنْهُ فِي شَعْبَانَ
Dari 
‘Aisyah رضي الله عنهما, dia berkata, “Aku tidak pernah melihat 
Rasulullah صلى الله عليه وسلم menyempurnakan puasa sebulan penuh kecuali 
bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa dalam suatu bulan 
lebih banyak daripada bulan Sya'ban.” 2
2.     Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/213, 
no. 1969), Shahiih Muslim (II/810, no. 1156 (175)), Sunan Abi Dawud (VII/99, no. 
2417)
6. 
Hari Senin dan Kamis
Diriwayatkan 
dari Usamah bin Zaid رضي الله عنهما, dia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah 
صلى الله عليه وسلم selalu berpuasa pada hari Senin1 dan Kamis, manakala beliau ditanya tentang 
hal tersebut, beliau menjawab:
إِنَّ أَعْمَالَ اْلعِبَادِ تُعْرَضُ يَوْمَ الإِثْنَيْنِ 
وَالْخَمِيْسِ
“Sesungguhnya 
amal-amal hamba dihadapkan (kepada Allah) pada hari Senin dan 
Kamis."2
1.     Dan ketika Rasulullah ditanya tentang puasa hari Senin, beliau 
menjawab:
ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ, وَبُعِثْتُ فِيهِ, أَوْ أُنْزِلَ 
عَلَيَّ فِيهِ
"Ia adalah hari kelahiranku, hari aku diutus, dan hari diturunkan 
al-Qur'an padaku." (HR. Muslim)
Akan disebutkan pula hadits dari Hunaidah bin Khalid pada point 9, 
dimana disebutkan pula puasa senin dan Kamis.
2.     Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2127)], Sunan Abi Dawud 
(VII/100, no. 2419)
7.  Puasa 
Tiga Hari Dari Tiap Bulan (Hijriyyah)
Dari 
‘Abdullah bin ‘Amr رضي الله عنهما, dia berkata, “Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda kepadaku:
صُمْ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ، فَإِنَّ الْحَسَنَةَ 
بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا, وذَلِكَ مِثْلُ صِيَامِ الدَّهْرِ
“Puasalah 
tiga hari dari tiap bulan. Sesungguhnya amal kebaikan itu ganjarannya sepuluh 
kali lipat, sehingga ia seperti puasa sepanjang masa.” 1
Dan 
disunnahkan untuk menjadikan tiga hari tersebut hari ketiga belas, empat belas, 
dan lima belas. Berdasarkan riwayat dari Abu Dzarr رضي الله عنه, dia berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
يَا أَبَا ذَرٍّ, إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ 
فَصُمْ ثَلاَثَةَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ
“Wahai 
Abu Dzarr, jika engkau ingin puasa tiga hari dari suatu bulan, maka puasalah 
pada hari ketiga belas, empat belas, dan lima belas."2
1.     Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/220, 
no. 1976), Shahiih Muslim (II/812, no. 1159), Sunan Abu Dawud (VII/79, no. 
2410), tanpa kali-mat yang di tengah, Sunan an-Nasa-i 
(IV/211)
2.     Shahih: [Shahiih al-Jaami' ash-Shaghiir (no. 7817)], Sunan 
at-Tirmidzi (II/130, no. 758), Sunan an-Nasa-i (IV/222)
8.  Puasa Sehari 
dan Berbuka Sehari (Puasa 
Nabi Dawud عليه السلام)
Diriwayatkan 
dari ‘Abdullah bin ‘Amr رضي الله عنهما, bahwasanya Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
أَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللهِ صِيَامُ دَاوُدَ كَانَ يَصُوْمُ يَوْمًا 
وَيُفْطِرُ يَوْمًا
“Puasa 
yang paling dicintai Allah adalah puasa Nabi Dawud,1 
beliau berpuasa sehari dan berbuka sehari.” 2
1.     Bukhari dan Muslim meriwayatkan:
أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرٍو رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: 
أُخْبِرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنِّي أَقُولُ 
وَاللَّهِ لَأَصُومَنَّ النَّهَارَ وَلَأَقُومَنَّ اللَّيْلَ مَا عِشْتُ فَقَالَ 
لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْتَ الَّذِي تَقُولُ 
وَاللَّهِ لَأَصُومَنَّ النَّهَارَ وَلَأَقُومَنَّ اللَّيْلَ مَا عِشْتُ قُلْتُ 
قَدْ قُلْتُهُ قَالَ إِنَّكَ لَا تَسْتَطِيعُ ذَلِكَ فَصُمْ وَأَفْطِرْ وَقُمْ 
وَنَمْ وَصُمْ مِنْ الشَّهْرِ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فَإِنَّ الْحَسَنَةَ بِعَشْرِ 
أَمْثَالِهَا وَذَلِكَ مِثْلُ صِيَامِ الدَّهْرِ فَقُلْتُ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ 
مِنْ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَصُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمَيْنِ قَالَ 
قُلْتُ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ قَالَ فَصُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ 
يَوْمًا وَذَلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ وَهُوَ أَعْدَلُ الصِّيَامِ قُلْتُ إِنِّي 
أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ لَا أَفْضَلَ مِنْ 
ذَلِكَ
Bahwa 'Abdullah bin 'Amru رضي الله عنهما berkata; Disampaikan kabar 
kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم bahwa aku berkata; "Demi 
Allah, sungguh aku akan berpuasa sepanjang hari dan sungguh aku akan shalat 
malam sepanjang hidupku." Maka Rasulullah صلى الله عليه وسلم bertanya kepadanya 
('Abdullah bin 'Amru): "Benarkah kamu yang berkata; "Sungguh aku akan berpuasa 
sepanjang hari dan sungguh aku pasti akan shalat malam sepanjang hidupku?". 
kujawab; "Demi bapak dan ibuku sebagai tebusannya, sungguh aku memang telah 
mengatakannya". Maka Beliau berkata: "Sungguh kamu pasti tidak akan sanggup 
melaksanakannya. Akan tetapi berpuasalah dan berbukalah, shalat malam dan 
tidurlah dan berpuasalah selama tiga hari dalam setiap bulan karena setiap 
kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kebaikan yang serupa dan itu seperti puasa 
sepanjang tahun." Aku katakan; "Sungguh aku mampu lebih dari itu, wahai 
Rasulullah". Belau berkata: "Kalau begitu puasalah sehari dan berbukalah selama 
dua hari". Aku katakan lagi: "Sungguh aku mampu yang lebih dari itu". Beliau 
berkata: "Kalau begitu puasalah sehari dan berbukalah sehari, yang demikian itu 
adalah puasa Nabi Allah Daud 'alaihi salam yang merupakan puasa yang 
paling adil". Aku katakan lagi: "Sungguh aku mampu yang lebih dari itu". Maka 
beliau bersabda: "Tidak ada puasa yang lebih utama dari 
itu"
2.     Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari III/16, 
no. 1131), Shahiih Muslim (II/816, no. 1159 (189)), Sunan an-Nasa-i (III/214), 
Sunan Abi Dawud (VII/117, no. 2431), Sunan Ibni Majah (I/546, no. 
1712)
9. 
Hari 
Kesembilan Awal di Bulan 
Dzul Hijjah 
1
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ 
تِسْعَ ذِي الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ 
شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنْ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ
Diriwayatkan 
dari Hunaidah bin Khalid, dari isterinya, dari sebagian isteri Nabi صلى الله عليه وسلم, dia berkata, “Rasulullah صلى الله عليه وسلم berpuasa pada hari kesembilan [awal] Dzul 
Hijjah, hari 'Asyura, tiga hari dari setiap bulan, hari Senin pertama dari suatu 
bulan dan hari Kamis.” 2
1.  Rasulullah 
bersabda:
مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيْهَا أَحَبُّ إِلَي 
اللهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ يَعْنيِ أَيَّامَ الْعَشْرِ قَالُوْا: يَارَسُوْلَ 
اللهِ وَلَا الْجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ ؟ قَالَ: وَلَا الْجِهَادُ فِيْ 
سَبِيْلِ اللهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْجِعْ 
مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ
"Tiada hari yang lebih di cintai Allah ta'ala untuk berbuat suatu 
amalan yang baik dari pada hari-hari ini yaitu sepuluh hari Dzul Hijjah, para 
sahabat bertanya," wahai Rasulullah, tidak pula dengan jihad fii sabilillah? 
Rasulullah menjawab," tidak, tidak pula jihad fii sabilillah, kecuali jika ia 
keluar dengan jiwa dan hartanya, kemudian ia tak kembali lagi" (HR. 
Bukhari)
Keutamaan sepuluh hari awal Dzulhijah berlaku untuk semua amal 
sholih, tidak terbatas pada amalan tertentu, sehingga amalan tersebut bisa 
shalat, sedekah, puasa, membaca al-Qur’an, dan amal sholih 
lainnya.
2.     
Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2129)], Sunan Abi Dawud 
(VII/102, no. 2420), Sunan an-Nasa-i (IV/220)
Hari-Hari 
yang Dilarang untuk Berpuasa Padanya:
1. Dua 
Hari Raya
2. Hari-hari Tasyriq
3. Puasa Hari Jum'at Saja
4. Puasa Hari Sabtu Saja
5. Pertengahan Kedua dari Bulan 
Sya’ban
6. Puasa Pada Hari yang 
Meragukan
7. Puasa Selamanya
8. Puasa Istri Tanpa Izin 
Suami
1. 
Dua 
Hari Raya (‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha) 
1
Dari 
Abu ‘Ubaid, budak yang dimerdekakan Ibnu Azhar, ia berkata, “Aku merayakan hari 
‘Id bersama ‘Umar bin al-Kaththab رضي الله عنه, kemudian dia (‘Umar) 
berkata:
هَذَانِ يَوْمَانِ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ 
وَسَلَّمَ عَنْ صِيَامِهِمَا يَوْمُ فِطْرِكُمْ مِنْ صِيَامِكُمْ وَالْيَوْمُ 
الْآخَرُ تَأْكُلُونَ فِيهِ مِنْ نُسُكِكُمْ
“Ini 
adalah dua hari yang Rasulullah صلى الله عليه وسلم melarang kita untuk berpuasa padanya, hari 
di mana kalian berbuka puasa dan hari yang lainnya, hari di mana kalian memakan 
hewan kurban kalian." 2
1.     Bukhari dan Muslim meriwayatkan:
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ اَلْخُدْرِيِّ رضي الله عنه: أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ 
صلى الله عليه وسلم نَهَى عَنْ صِيَامِ يَوْمَيْنِ: يَوْمِ اَلْفِطْرِ وَيَوْمِ 
اَلنَّحْرِ
Dari Abu Said Al-Khudry: “bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم melarang shaum pada dua 
hari, yakni hari raya Fithri dan hari raya Kurban”
2.     Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari) (IV/238/1990), 
Shahiih Muslim (II/799/1137), Sunan Abu Dawud (VII/61/2399), Sunan at-Tirmidzi 
(II/135/769), Sunan Ibnu Majah (I/549/1722)
2. 
Hari Tasyriq 
1
عَنْ أَبِي مُرَّةَ مَوْلَى أُمِّ هَانِئٍ أَنَّهُ دَخَلَ مَعَ عَبْدِ 
اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو عَلَى عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ فَقَرَّبَ إِلَيْهِمَا طَعَامًا 
فَقَالَ كُلْ فَقَالَ إِنِّي صَائِمٌ فَقَالَ عَمْرٌو كُلْ فَهَذِهِ الْأَيَّامُ 
الَّتِي كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنَا 
بِإِفْطَارِهَا وَيَنْهَانَا عَنْ صِيَامِهَا، قَالَ مَالِكٌ وَهِيَ أَيَّامُ 
التَّشْرِيقِ
Dari 
Abu Murrah, budak yang dimerdekakan Ummu Hani’, bahwasanya dia bersama ‘Abdullah 
bin 'Amr رضي الله عنهما datang menemui ‘Amr bin al-‘Ash, lalu dia 
menghidangkan makanan untuk mereka berdua, seraya berkata, “Makanlah!” Dia 
menjawab, “Aku sedang puasa.” ‘Amr berkata, “Makanlah, sesungguhnya ini adalah 
hari yang Rasulullah صلى الله عليه وسلم memerintahkan kami untuk berbuka dan 
melarang kami berpuasa.” Malik berkata, “Hari itu adalah hari Tasyriq.” 
2
عَنْ عَائِشَةَ وَابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمْ قَالَا: لَمْ 
يُرَخَّصْ فِي أَيَّامِ اَلتَّشْرِيقِ أَنْ يُصَمْنَ إِلَّا لِمَنْ لَمْ يَجِدِ 
اَلْهَدْيَ
Dan 
diriwayatkan dari ‘Aisyah dan Ibnu ‘Umar رضي الله عنهم, mereka berdua mengatakan, “Tidak diizinkan 
berpuasa pada hari-hari tasyriq, kecuali orang yang tidak mendapatkan hewan 
kurban (di Mina saat ibadah haji).” 3
1.     Hari 
Tasyriq adalah hari setelah hari Idul Adha, dan para ulama telah berselisih 
pendapat apakah dia dua hari atau tiga hari. Sebab penamaan hari tasyriq, karena 
daging hewan kurban dibentangkan di bawah terik matahari, ada yang mengatakan 
hal ini disebabkan karena hewan kurban tidak disembelih kecuali setelah matahari 
terbit, yang lain mengatakan ini disebabkan karena shalat Idul Adha dilakukan di 
saat terbitnya matahari, dan ada yang mengatakan, at-Tasyriq adalah takbir yang 
dilakukan setiap selesai shalat. (Fat-hul Baari IV hal. 285)
2.     Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2113)], Sunan Abi Dawud 
(VII/63, no. 2401)
3.     Shahih: [Mukhtashar Shahiih al-Bukhari (no. 978)], Shahiih al-Bukhari 
(Fat-hul Baari IV/242, no. 1997)
3. 
Puasa 
Hari 
Jum'at Saja 1
Telah 
diriwayatkan dari Abu Hurairah 
رضي الله عنه, dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah 
صلى الله عليه وسلم bersabda:
لاَ تَصُوْمَنَّ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ إِلاَّ يَوْمًا قَبْلَهُ 
أَوْ بَعْدَهُ
“Janganlah 
seorang di antara kalian berpuasa pada hari Jum'at, kecuali ia berpuasa sehari 
sebelumnya atau sesudahnya.” 2
1.     Terdapat hadits yang melarang mengkhususkan hari Jum’at, Rasulullah 
bersabda:
لَا تَخْتَصُّوا لَيْلَةَ اَلْجُمُعَةِ بِقِيَامٍ مِنْ بَيْنِ 
اَللَّيَالِي, وَلَا تَخْتَصُّوا يَوْمَ اَلْجُمُعَةِ بِصِيَامٍ مِنْ بَيْنِ 
اَلْأَيَّامِ, إِلَّا أَنْ يَكُونَ فِي صَوْمٍ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ
“Janganlah mengkhususkan malam Jum'at untuk bangun beribadah 
dibanding malam-malam lainnya dan janganlah mengkhususkan hari Jum'at untuk 
shaum dibanding hari-hari yang lainnya, kecuali jika seseorang di antara kamu 
sudah terbiasa shaum.” (HR. Muslim)
Adapun tuntunan Rasulullah صلى الله عليه وسلم pada hari Jum’at silahkan 
baca Sunnah-sunnah di Hari Jum’at.
2.     Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/232, 
no. 1985), Shahiih Muslim (II/801, no. 1144), Sunan Abu Dawud (VII/64, no. 
6403), Sunan at-Tirmidzi (II/123, no. 740)
4. 
Puasa 
Hari 
Sabtu Saja
Berdasarkan 
riwayat dari ‘Abdullah bin Busr as-Sulami رضي الله عنه, dari saudarinya, ash-Shamma رضي الله عنهما, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa 
alam telah bersabda:
لاَ تَصُوْمُوا يَوْمَ السَّبْتِ إِلاَّ فِيْمَا افْتُرِضَ عَلَيْكُمْ, 
وَ إِنْ لَمْ يَجِدْ أَحَدُكُمْ إِلاَّ لِحَاءَ عِنَبٍ أَوْ عُوْدَ شَجَرَةٍ 
فَلْيَمْضُغْهَا
“Janganlah 
kalian berpuasa pada hari Sabtu, kecuali yang telah diwajibkan atas kalian. Jika 
salah seorang di antara kalian tidak mendapatkan (makanan untuk berbuka) kecuali 
kulit anggur atau ranting pohon, maka hendaklah ia mengunyahnya.” 
1
1.     
Shahih: 
[Shahiih Sunan Abu Dawud (no. 2116)], Sunan Abi Dawud (VII/66, no. 2404), Sunan 
at-Tirmidzi (II/123, no. 741), Sunan Ibni Majah (I/550, no. 
1726)
5. 
Pertengahan 
Kedua 
dari Bulan 
Sya’ban bagi mereka yang tidak mempunyai kebiasaan 
berpuasa
Diriwayatkan 
dari Abu Hurairah رضي الله عنه bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
إِذَا انْتَصَفَ شَعْبَانُ فَلاَ تَصُوْمُوْا
“Jika 
telah sampai pertengahan bulan Sya'ban, maka janganlah kalian 
berpuasa.” 
1 
Juga 
dari Abu Hurairah رضي الله عنه, diriwayatkan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
لاَ يَتَقَدَّمَنَّ أَحَدُكُمْ رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ أَوْ 
يَوْمَيْنِ إِلاَّ أَنْ يَكُوْنَ رَجُلٌ كَانَ يَصُوْمُ صَوْمَهُ فَلْيَصُمْ ذَلِكَ 
الْيَوْمَ
“Janganlah 
sekali-kali salah seorang di antara kalian mendahului Ramadhan dengan puasa satu 
atau dua hari sebelumnya, kecuali jika orang itu tengah mengerjakan suatu puasa 
yang biasa dilakukan, maka hendaklah ia puasa pada hari itu.” 2
1.     Shahih: 
[Shahiih Sunan Ibni Majah (no. 1339)], Sunan Abi Dawud (VI/460, no. 2320), Sunan 
at-Tirmidzi (II/121, no. 735), Sunan Ibni Majah (I/528, no. 1651) dengan lafazh 
yang mirip.
2.     Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/127, 
no. 1914), Shahiih Muslim (II/762, no. 1082), Sunan Abi Dawud (VI/459, no. 
2318), Sunan at-Tirmidzi (II/97, no. 680), Sunan an-Nasa-i (IV/149), Sunan Ibni 
Majah (I/528, no. 1650)
6. 
Puasa 
Pada Hari yang 
Meragukan
Dari 
'Ammar bin Yasir رضي الله عنه, dia berkata: 
مَنْ صَامَ اَلْيَوْمَ اَلَّذِي يُشَكُّ فِيهِ فَقَدْ عَصَى أَبَا 
اَلْقَاسِمِ صلى الله عليه وسلم
“Barangsiapa 
yang berpuasa pada hari yang meragukan berarti dia telah mendurhakai Abul Qasim 
(Rasulullah صلى الله عليه وسلم).” 1
1.     Shahih: [Irwaa-ul Ghaliil (no. 961)], Sunan at-Tirmidzi (II/97, no. 
681), Sunan Abu Dawud (VI/457, no. 2317), Sunan an-Nasa-i (IV/153), Sunan Ibni 
Majah (I/527, no. 1645)
7. 
Puasa 
Selamanya, 
walaupun dia berbuka pada hari-hari yang terlarang untuk 
berpuasa.
Diriwayatkan 
dari ‘Abdullah bin ‘Amr رضي الله عنهما, ia berkata, “Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
يَا عَبْدَ اللهِ بْنَ عَمْرٍو! إِنَّكَ لَتَصُوْمُ الدَّهْرَ 
وَتَقُوْمُ اللَّيْلَ, وَإِنَّكَ إِذَا فَعَلْتَ ذَلِكَ هَجَمْتَ لَهُ الْعَيْنَ 
وَنَهَكْتَ, لاَ صَامَ مَنْ صَامَ اْلأَبَدَ
“Wahai 
‘Abdullah bin ‘Amr, sesungguhnya engkau selalu berpuasa sepanjang hari 
(selamanya) dan bangun malam. Jika engkau terus melakukannya, maka engkau telah 
menjadikan matamu cekung serta menyiksa dirimu. Tidak ada puasa bagi orang yang 
puasa selamanya.” 
1
Juga 
diriwayatkan dari Abu Qatadah, bahwasanya ada seorang laki-laki datang kepada 
Rasulullah صلى الله عليه وسلم seraya bertanya, “Ya Rasulullah 
صلى الله عليه وسلم bagaimana cara engkau berpuasa?” Rasulullah 
صلى الله عليه وسلم marah mendengar perkataan tersebut dan 
manakala ‘Umar melihat hal itu, ia berkata, “Kami ridha Allah sebagai Rabb kami, 
Islam sebagai agama kami, dan Muhammad sebagai Nabi kami. Kami berlindung kepada 
Allah dari murka-Nya dan murka Rasul-Nya.” Dia terus mengulang perkataan itu 
sampai Rasulullah صلى الله عليه وسلم berhenti marah, kemudian ia bertanya, 
“Wahai Rasulullah صلى الله عليه وسلم bagaimana dengan orang yang berpuasa 
selamanya?” Beliau bersabda:
لاَ صَامَ وَلاَ أَفْطَرَ
“Dia 
tidak berpuasa dan tidak berbuka.” 2
1.     Muttafaq 'alaihi: Shahiih Muslim (II/815, no. 1159 (187)), Shahiih 
al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/224, no. 1979)
2.     Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud, no. 2119], Shahiih Muslim (II/818, 
no. 1162), Sunan Abu Dawud (VII/75, no. 2408), Sunan an-Nasa-i 
(IV/207)
8. 
Larangan 
Berpuasa Bagi Seorang Isteri Jika Suaminya Ada 
(di Rumah) Kecuali dengan 
Izinnya
Berdasarkan 
riwayat dari Abu Hurairah رضي الله عنه, dia berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
لاَ تَصُمِ الْمَرْأَةُ وَبَعْلُهَا شَاهِدٌ إِلاَّ 
بِإِذْنِهِ
“Tidak 
dibolehkan seorang isteri berpuasa di saat suaminya di rumah, kecuali dengan 
izinnya.” 1
1.     Muttafaq 
'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari IX/293, no. 5192), Shahiih Muslim 
(II/711, no. 1026), Sunan Abu Dawud (VII/128, no. 2141), Sunan at-Tir-midzi 
(II/140, no. 779), Sunan Ibnu Majah (I/560, no. 1761) dengan 
tambahan.
Ketentuan dalam Melakukan Puasa Sunnah 1
Pertama: Boleh berniat puasa sunnah setelah terbit fajar jika belum makan, 
minum dan selama tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Berbeda dengan 
puasa wajib maka niatnya harus dilakukan sebelum fajar.
Dari ‘Aisyah رضي الله عنها, ia 
berkata:
دَخَلَ عَلَيَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ 
يَوْمٍ فَقَالَ: هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ ؟  فَقُلْنَا: لا. قَالَ: فَإِنِى إِذًا صَائِمٌ، 
ثُمَّ أَتَانَا يَوْمًا آخَر. فَقُلْنَا: يَا رَسُوْلَ اللهِ أُهْدِيَ لَنَا حَيْسٌ 
. فَقَالَ: أَرينيْهِ، فَلَقَدْ أَصْبَحْتُ صَائِمًا، فَأَكَلَ.
“Pada suatu hari, Nabi صلى الله عليه وسلم menemuiku dan bertanya, 
“Apakah kamu mempunyai makanan?” Kami menjawab, “Tidak ada.” Beliau berkata, 
“Kalau begitu, saya akan berpuasa.” Kemudian beliau datang lagi pada hari yang 
lain dan kami berkata, “Wahai Rasulullah, kita telah diberi hadiah berupa Hais 
(makanan yang terbuat dari kura, samin dan keju).” Maka beliau pun berkata, 
“Bawalah kemari, sesungguhnya dari tadi pagi tadi aku berpuasa.” (HR. Muslim no. 
1154). 
An Nawawi رحمه الله memberi judul dalam Shahih Muslim, “Bab: Bolehnya melakukan puasa 
sunnah dengan niat di siang hari sebelum waktu zawal (bergesernya matahari ke 
barat) dan bolehnya membatalkan puasa sunnah meskipun tanpa udzur. 
”
Kedua: Boleh menyempurnakan atau membatalkan puasa sunnah. Dalilnya adalah 
hadits ‘Aisyah diatas. Puasa sunnah merupakan pilihan bagi seseorang ketika ia 
ingin memulainya, begitu pula ketika ia ingin meneruskan puasanya. Inilah 
pendapat dari sekelompok sahabat, pendapat Imam Ahmad, Ishaq, dan selainnya. 
Akan tetapi mereka semua, termasuk juga Imam Asy Syafi’i bersepakat bahwa 
disunnahkan untuk tetap menyempurnakan puasa tersebut.2
Ketiga: Seorang istri tidak boleh berpuasa sunnah sedangkan suaminya 
bersamanya kecuali dengan seizin suaminya. 
Dari Abu Hurairah, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, 
لاَ تَصُمِ الْمَرْأَةُ وَبَعْلُهَا شَاهِدٌ إِلاَّ 
بِإِذْنِهِ
“Janganlah seorang wanita berpuasa sedangkan suaminya ada kecuali 
dengan seizinnya.” (HR. Bukhari no. 5192 dan Muslim no. 
1026)
Imam An Nawawi رحمه الله menjelaskan, “Yang 
dimaksudkan dalam hadits tersebut adalah puasa sunnah yang tidak terikat dengan 
waktu tertentu. Larangan yang dimaksudkan dalam hadits di atas adalah larangan 
haram, sebagaimana ditegaskan oleh para ulama Syafi’iyah. Sebab pengharaman 
tersebut karena suami memiliki hak untuk bersenang-senang dengan istrinya setiap 
harinya. Hak suami ini wajib ditunaikan dengan segera oleh istri. Dan tidak bisa 
hak tersebut terhalang dipenuhi gara-gara si istri melakukan puasa sunnah atau 
puasa wajib yang sebenarnya bisa diakhirkan.” 3 
Beliauرحمه الله menjelaskan pula, “Adapun jika si suami 
bersafar, maka si istri boleh berpuasa. Karena ketika suami tidak ada di sisi 
istri, ia tidak mungkin bisa bersenang-senang dengannya.”4
1.     Bab ini dikutip dari tulisan Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal  di muslim.or.id.
2.     Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 8/35
3.     Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 7/115
4.     Idem
Ditulis ulang oleh: Muhammad Hasbi Farouqi
Dipetik dari buku: Syaikh Abdul Azhim bin Badawi al-Khalafi
Labels:
Fiqh

 

 
 
 
 
 
dalam menjalankan Sunna-sunnah puasa jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal yang wajib dijalankan ketika puasa. kebanyakan orang mengabaikan hal tersebut.
AntwortenLöschenTrimakasih atas informasinya
AntwortenLöschenI like it...
AntwortenLöschenklo seorang istri berpusa di bln suci romadon n seorng suami melarang ny apakah seorng istri harus membatal kn puasa ny?
AntwortenLöschenbkn ny itu puasa wajib n kita hnya menemukan puasa romadon setahun 1 x.
لاَ تَصُمِ الْمَرْأَةُ وَبَعْلُهَا شَاهِدٌ إِلاَّ بِإِذْنِهِ
Löschen“Janganlah seorang wanita berpuasa sedangkan suaminya ada kecuali dengan seizinnya.” (HR. Bukhari no. 5192 dan Muslim no. 1026)
Hadits diatas hanya dikhususkan untuk Puasa Sunnah, sedangkan untuk Puasa Wajib kita sudah tau hukum nya adalah Wajib karena itu diperintahkan Allah langsung melalui firman-Nya
"Wahai orang-orang yang beriman! Kamu diwajibkan berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang yang dahulu daripada kamu, supaya kamu bertaqwa."
dan penjelasan puasa apa yang diwajibkan itu diterangkan di ayat selanjutnya yaitu
“Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah: 185)
dan penjelasan tentang apa saja yang dibolehkan dan dilarang ada dari Al-Baoroh 187
Wallahu a'lam bish-Showwab
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,
Löschenبَيْنَمَا نَحْنُ جُلُوسٌ عِنْدَ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – إِذْ جَاءَهُ رَجُلٌ ، فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلَكْتُ . قَالَ « مَا لَكَ » . قَالَ وَقَعْتُ عَلَى امْرَأَتِى وَأَنَا صَائِمٌ . فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – « هَلْ تَجِدُ رَقَبَةً تُعْتِقُهَا » . قَالَ لاَ . قَالَ « فَهَلْ تَسْتَطِيعُ أَنْ تَصُومَ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ » . قَالَ لاَ . فَقَالَ « فَهَلْ تَجِدُ إِطْعَامَ سِتِّينَ مِسْكِينًا » . قَالَ لاَ . قَالَ فَمَكَثَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – ، فَبَيْنَا نَحْنُ عَلَى ذَلِكَ أُتِىَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – بِعَرَقٍ فِيهَا تَمْرٌ – وَالْعَرَقُ الْمِكْتَلُ – قَالَ « أَيْنَ السَّائِلُ » . فَقَالَ أَنَا . قَالَ « خُذْهَا فَتَصَدَّقْ بِهِ » . فَقَالَ الرَّجُلُ أَعَلَى أَفْقَرَ مِنِّى يَا رَسُولَ اللَّهِ فَوَاللَّهِ مَا بَيْنَ لاَبَتَيْهَا – يُرِيدُ الْحَرَّتَيْنِ – أَهْلُ بَيْتٍ أَفْقَرُ مِنْ أَهْلِ بَيْتِى ، فَضَحِكَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – حَتَّى بَدَتْ أَنْيَابُهُ ثُمَّ قَالَ « أَطْعِمْهُ أَهْلَكَ »
“Suatu hari kami duduk-duduk di dekat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian datanglah seorang pria menghadap beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu pria tersebut mengatakan, “Wahai Rasulullah, celaka aku.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Apa yang terjadi padamu?” Pria tadi lantas menjawab, “Aku telah menyetubuhi istri, padahal aku sedang puasa.” Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apakah engkau memiliki seorang budak yang dapat engkau merdekakan?” Pria tadi menjawab, “Tidak”. Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya lagi, “Apakah engkau mampu berpuasa dua bulan berturut-turut?” Pria tadi menjawab, “Tidak”. Lantas beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya lagi, “Apakah engkau dapat memberi makan kepada 60 orang miskin?” Pria tadi juga menjawab, “Tidak”. Abu Hurairah berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas diam. Tatkala kami dalam kondisi demikian, ada yang memberi hadiah satu wadah kurma kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,“Di mana orang yang bertanya tadi?” Pria tersebut lantas menjawab, “Ya, aku.” Kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Ambillah dan bersedakahlah dengannya.” Kemudian pria tadi mengatakan, “Apakah akan aku berikan kepada orang yang lebih miskin dariku, wahai Rasulullah? Demi Allah, tidak ada yang lebih miskin di ujung timur hingga ujung barat kota Madinah dari keluargaku. ” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu tertawa sampai terlihat gigi taringnya. Kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Berilah makanan tersebut pada keluargamu.” (HR. Bukhari no. 1936 dan Muslim no. 1111).